Minggu, 14 Desember 2014

Kerja Rotasi di Perminyakan, Enak apa enek? (Part 1)

 
  
Kerja diperminyakan sih denger-denger enak kang, Gede duitnya katanya. Tapi kalau kerja Rotasi saya baru denger nih kayaknya, apa itu kang?

Kalau duit sih relatif tole.., tergantung dari mana sudut pandangnya.
Kerja rotasi adalah Kerja dengan waktu yang terjadwal. 

lah semua orang juga yang kerja diperusahaan waktunya terjadwal dong Kaang... masa seenaknya sendiri...?

Begini maksudnya lek, kan kalau kerja normal itu senin sampai Jum'at Jam 08:00 - 17:00, tanggal merah Libuur.......(Aseek) :mrgreen:


Nah kalau kerja rotasi maksudnya tidak berdasarkan ketentuan hari dan tanggal, tidak mengenal adanya hari Libur Nasional atau apapun, semua disesuaikan dengan kondisi pekerjaan.

Maksudnya??

ya sampean jangan motong-motong gitu, tanya-tanya terus jadi jawabannya engga tuntas-tuntas..., lek..

hehehe... sorry kang.. silahkan dilanjut lah..

Perusahaan yang mengharuskan pekerjaannya berjalan selama 24 Jam dalam sehari 7 Hari dalam seminggu, seperti di Industri-Industri Perminyakan, Kapal laut, PLN, Pom Bensin, dll. mengakibatkan karyawan harus bekerja dalam shift, Waktu kerja antara 8 - 12 Jam sehari, start kerja pun ada yang dari Jam 6 Pagi, Jam 12 Siang atau bahkan Tengah malam! Hari liburpun tidak selalu sabtu dan minggu, bahkan ada yang harus meninggalkan keluarga Berbulan-bulan!!.

Waduuuh kok gitu kang?


 Kalau Lokasi Kerja jauh dari kampung halaman, berbeda kota, pulau, bahkan negara, ataupun di-remote area seperti ditengah hutan, di laut, gurun dan lain-lain yang jauh dari peradaban mengharuskan kita berpisah dengan keluarga untuk sementara waktu. Menyedihkan memang, bahkan hari-hari besar seperti Lebaran, Natal ataupun Libur sekolah yang seharusnya kita berkumpul dengan keluarga tercinta.., harus direlakan berlalu... bila berbenturan dengan schedulle kerja.., "Sakitnya tuh disini lek"...,


Kok jadi Curhat kang? 
:mrgreen:

ya mau gimana lagi lek, lawong pengalaman pribadi. kakangmu ini dari 2007 sampai sekarang, kerja diperusahaan jasa perminyakan yang mengharuskan bekerja dengan sistem rotasi. Awalnya schedule 20-10 (20 Hari Kerja, 10 Hari Libur), kemudian pertengahan 2011 berhubung dengan pertimbangan untuk mempermudah jadwal crew change (Pergantian crew) maka dirubah menjadi 14-7. Nah mulai pertengahan 2013 kakangmu ini ganti perusahaan, dan menjadi TKI si Pahlawan Devisa di negara orang, schedule kerja menjadi 6-3.

6 Hari Kerja 3 Hari Libur kang?  Enak dong sekarang??

6 Minggu Kerja Leeek..., 42 hari alias 1.5 Bulan!!

Waduuh... Lama banget.., bisa botak lututnya, Jenggotan Jidatnya kang.., :mrgreen:

Tidak berhenti sampai disitu lek.., Kakangmu ini punya dua anak dan pada saat mereka lahir tanpa ayah disisinya yang seharusnya memberikan support kepada ibu mereka yang sedang dalam perjuangan besar.., Suara adzan dan Iqomat yang mereka dengar pertama kali bukan dari suara Ayahnya..., Huhuhuhu...,

Kakang ada dimana waktu itu? Kok tega sih kang?

ya mau gimana lagi leek, nasibnya orang kerja rotasi itu ya begitu.., yang kebetulan saat mereka lahir kakangmu masih on Dutty..,

Terus kakang enggak bisa pulang?? sungguh Perusahaan yang tidak berperikemanusiaan!!!

Kok kamu sewot lek? ya bisa lah.., Manager kakangmu itu orangnya baik-baik semua kok, begitu mereka dengar Istriku melahirkan langsung kirim Onta supir buat jemput kakangmu Pulang..,
Dalam keadaan emergency semua diupayakan secepatnya, oleh karenanya dalam hari liburpun biasanya selalu ada yang piket dikantor dan standby untuk jaga-jaga dalam keadaan darurat. bahkan tengah malampun kalau telepon manager berdering selalu diangkat.

 Oooo begitu.., iya iya iya.., enggak enak ya jadi manager tuh, harus angkat telepon tengah malam.


Pekerjaan dilapangan yang continue selama 24 jam sudah menjadi resiko Manager yang dikantor harus selalu siaga dan apabila terjadi sesuatu hal diluar rencana, diharapkan dapat diketahui dan diputuskan dengan cepat oleh atasan. 

Mengenai Jam kerjanya gimana kang? 

Kakangmu ini kerja 12 Jam sehari, biasanya shift dari 6 ke 6. Tergantung shiftnya, kalau kebagian shift siang dari jam 6 Pagi sampai Jam 6 Sore, kalau malam ya sebaliknya. Tetapi ada juga yang menerapkan 12 ke 12, Lihat kondisi pekerjaan dan kesibukannya lah..,

Tapi ngomong-ngomong dari tadi ceritanya sedih terus kang?
Kok enggak ada senengnya ya kerja Rotasi?
tapi kenapa kakang bisa bertahan sampai hampir 8 Tahun Kerja Rotasi?
Kenapa? Kenapa?

Nah ini..., kasih tau ga ya.....? hehehe..:mrgreen::mrgreen:

Ya mesti dikasih tau kang.., saya sudah menyimak penjelasan kakang dari awal masak enggak happy ending gini.., bikin penasaran lagi.., nah itu yang serius baca dari tadi.. bikin dongkol yang baca nanti engga ada yang mau mampir lagi ke sini.. :mrgreen:

Nah kopinya udah Habis.., ini pun sudah hampir Jam 2 Pagi Lek besok Kerja.., ya wis kamu bikin kopi dulu lagi sana... ceritanya dilanjut setelah Kopinya Jadi.., Biar Nikmat lek. :mrgreen:

Maaf Bersambung!! Nunggu Tole Bikin Kopi dulu :mrgreen: Part 2  dan Part 3

Abu Dhabi, 14/12/2014 01:33 +4 UCT

4 komentar:

fandinash33 mengatakan...

asli keren banget, bahasane sederhana dan mudah dimengerti,.

ditunggu lanjutane kang tarwa :)

Unknown mengatakan...

Makasih kang..

Unknown mengatakan...

salah jurusan nampaknya si kakang nih..harusnya jadi juru cerita kok jadi juru palep..... :D

Unknown mengatakan...

Hehe.. Juru Palep dan Hammer