Kerja
diperminyakan sih denger-denger enak kang, Gede duitnya katanya. Tapi kalau
kerja Rotasi saya baru denger nih kayaknya, apa itu kang?
Kalau duit sih
relatif tole.., tergantung dari mana sudut pandangnya.
Kerja rotasi
adalah Kerja dengan waktu yang terjadwal.
lah semua orang
juga yang kerja diperusahaan waktunya terjadwal dong Kaang... masa seenaknya
sendiri...?
Begini maksudnya
lek, kan kalau kerja normal itu senin sampai Jum'at Jam 08:00 - 17:00, tanggal
merah Libuur.......(Aseek)
Nah kalau kerja
rotasi maksudnya tidak berdasarkan ketentuan hari dan tanggal, tidak mengenal
adanya hari Libur Nasional atau apapun, semua disesuaikan dengan kondisi
pekerjaan.
Maksudnya??
ya sampean
jangan motong-motong gitu, tanya-tanya terus jadi jawabannya engga
tuntas-tuntas..., lek..
hehehe... sorry
kang.. silahkan dilanjut lah..
Perusahaan yang
mengharuskan pekerjaannya berjalan selama 24 Jam dalam sehari 7 Hari dalam
seminggu, seperti di Industri-Industri Perminyakan, Kapal laut, PLN, Pom
Bensin, dll. mengakibatkan karyawan harus bekerja dalam shift, Waktu kerja
antara 8 - 12 Jam sehari, start kerja pun ada yang dari Jam 6 Pagi, Jam 12
Siang atau bahkan Tengah malam! Hari liburpun tidak selalu sabtu dan minggu,
bahkan ada yang harus meninggalkan keluarga Berbulan-bulan!!.
Waduuuh kok gitu kang?
Kalau
Lokasi Kerja jauh dari kampung halaman, berbeda kota, pulau, bahkan negara,
ataupun di-remote area seperti ditengah hutan, di laut, gurun dan lain-lain
yang jauh dari peradaban mengharuskan kita berpisah dengan keluarga untuk
sementara waktu. Menyedihkan memang, bahkan hari-hari besar seperti Lebaran,
Natal ataupun Libur sekolah yang seharusnya kita berkumpul dengan keluarga
tercinta.., harus direlakan berlalu... bila berbenturan dengan schedulle
kerja.., "Sakitnya tuh disini lek"...,
Kok jadi Curhat kang?
ya mau gimana
lagi lek, lawong pengalaman pribadi. kakangmu ini dari 2007 sampai sekarang,
kerja diperusahaan jasa perminyakan yang mengharuskan bekerja dengan sistem
rotasi. Awalnya schedule 20-10 (20 Hari Kerja, 10 Hari Libur), kemudian
pertengahan 2011 berhubung dengan pertimbangan untuk mempermudah jadwal crew
change (Pergantian crew) maka dirubah menjadi 14-7. Nah mulai pertengahan 2013
kakangmu ini ganti perusahaan, dan menjadi TKI si Pahlawan Devisa di negara orang, schedule kerja
menjadi 6-3.
6 Hari Kerja 3
Hari Libur kang? Enak dong sekarang??
6 Minggu Kerja
Leeek..., 42 hari alias 1.5 Bulan!!
Waduuh... Lama
banget.., bisa botak lututnya, Jenggotan Jidatnya kang..,
Tidak berhenti
sampai disitu lek.., Kakangmu ini punya dua anak dan pada saat mereka lahir
tanpa ayah disisinya yang seharusnya memberikan support kepada ibu mereka yang
sedang dalam perjuangan besar.., Suara adzan dan Iqomat yang mereka dengar
pertama kali bukan dari suara Ayahnya..., Huhuhuhu...,
Kakang ada dimana
waktu itu? Kok tega sih kang?
ya mau gimana
lagi leek, nasibnya orang kerja rotasi itu ya begitu.., yang kebetulan saat
mereka lahir kakangmu masih on Dutty..,
Terus kakang
enggak bisa pulang?? sungguh Perusahaan yang tidak berperikemanusiaan!!!
Kok kamu sewot
lek? ya bisa lah.., Manager kakangmu itu orangnya baik-baik semua kok, begitu
mereka dengar Istriku melahirkan langsung kirim Onta supir buat jemput kakangmu Pulang..,
Dalam keadaan
emergency semua diupayakan secepatnya, oleh karenanya dalam hari liburpun
biasanya selalu ada yang piket dikantor dan standby untuk jaga-jaga dalam keadaan
darurat. bahkan tengah malampun kalau telepon manager berdering selalu
diangkat.
Oooo
begitu.., iya iya iya.., enggak enak ya jadi manager tuh, harus angkat telepon
tengah malam.
Pekerjaan
dilapangan yang continue selama 24 jam sudah menjadi resiko Manager yang
dikantor harus selalu siaga dan apabila terjadi sesuatu hal diluar rencana,
diharapkan dapat diketahui dan diputuskan dengan cepat oleh atasan.
Mengenai Jam
kerjanya gimana kang?
Kakangmu ini
kerja 12 Jam sehari, biasanya shift dari 6 ke 6. Tergantung shiftnya, kalau
kebagian shift siang dari jam 6 Pagi sampai Jam 6 Sore, kalau malam ya
sebaliknya. Tetapi ada juga yang menerapkan 12 ke 12, Lihat kondisi pekerjaan
dan kesibukannya lah..,
Tapi
ngomong-ngomong dari tadi ceritanya sedih terus kang?
Kok enggak ada
senengnya ya kerja Rotasi?
tapi kenapa
kakang bisa bertahan sampai hampir 8 Tahun Kerja Rotasi?
Kenapa? Kenapa?
Nah ini...,
kasih tau ga ya.....? hehehe..
Ya mesti dikasih
tau kang.., saya sudah menyimak penjelasan kakang dari awal masak enggak happy
ending gini.., bikin penasaran lagi.., nah itu yang serius baca dari tadi..
bikin dongkol yang baca nanti engga ada yang mau mampir lagi ke sini..
Nah kopinya udah
Habis.., ini pun sudah hampir Jam 2 Pagi Lek besok Kerja.., ya wis kamu bikin
kopi dulu lagi sana... ceritanya dilanjut setelah Kopinya Jadi.., Biar Nikmat
lek.
Abu Dhabi,
14/12/2014 01:33 +4 UCT
4 komentar:
asli keren banget, bahasane sederhana dan mudah dimengerti,.
ditunggu lanjutane kang tarwa :)
Makasih kang..
salah jurusan nampaknya si kakang nih..harusnya jadi juru cerita kok jadi juru palep..... :D
Hehe.. Juru Palep dan Hammer
Posting Komentar